BAB 3: Business Description


 
3.1.   Latar Belakang

Menurut Robert D.Hisrich, kewirausahaan adalah proses kreatif untuk menciptakan sesuatu yang bernilai lebih tinggi dengan mengoptimalkan segala daya upaya, seperti  mencurahkan waktu, dana, psikologis, dan penerimaan penghargaan atas kepuasan seseorang.
Wirausaha adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi.

Berawal dari kegiatan perkuliahan tentang mata kuliah kewirausaahan yang disampaikan oleh Dr. Bambang Jatmiko, SE, Msi. Dalam materi kewirausaahan yang beliau sampaikan bagaimana kita menjadi calon pengusaha yang handal dan sukses. Contoh-contoh pengusaha sukses dan tips and triks menjadi pengusahapun beliau sampaikan. Materi-materi yang beliau sampaikan ini sangat memotivasi kami generasi muda.

Sampai akhirnya beliau memberikan kami tugas berupa business plan untuk kami kembangkan menjadi sebuah bisnis. Kami berpikir untuk membuat suatu usaha yang bisa kita kembangkan dengan maksimal. Terlepas dari status mahasiswa yang kami sandang dengan segala keterbatasan kami baik dalam pengalaman, tenaga maupun permodalan.

Setelah melakukan perundingan kita memutuskan untuk membuat suatu produk makanan yang bisa dinikmati semua kalangan. Akhirnya piihan kita jatuh pada olahan makanan yang berbahan dasar daging olahan yaitu sosis. Ada beberapa pertimbangan yang membuat kita memilih olahhan berbahan dasar sosis yaitu, sosis merupakan makanan olahan daging yang sangat familiar dimasyarakat. Selain itu sosis sangan disukai semua kalangan.

Kami melakukan inovasi untuk mengolah sosis menjadi makanan yang lebih menarik dan beda dari yang lain. Tentunya dengan rasa yang sangat enak. Sehingga diharapkan usaha kami dibidang kuliner ini mampu berkembang. Serta diminati banyak orang.


3.2.   Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat)

Dalam memulai suatu usaha sangat diperlukan.  Analisis SWOT dilakukan untuk analisis usaha sebagai dasar strategi dalam menjalankan usaha.

·         Strength
Merupakan kelebihan yang kami miliki dalam menjalankan usaha. Kelebihan-kelebihan itu berupa:

a.       Bahan baku utama dan bahan pendukung yang sangat mudah ditemukan.

b.      Harga produk bersaing dan menjangkau semua kalangan.

c.       Inovasi produk masih jarang dijumpai.

d.      Rasa yang enak dengan tiga variasi rasa yaitu original, pedas, dan keju.

e.       Dipasarkan di tempat-tempat ramai sehingga mudah dijangkau oleh konsumen.

·         Weakness
Kekurangan yang dimiliki oleh produk kami adalah sebagai berikut:

a.       Jumlah produk yang diproduksi masih terbatas.

b.      Kurangan pengalaman dalam melakukan usaha.

c.       Kemasan produk yang kurang menarik.



·         Opportunities
Peluang yang dimiliki oleh produk kami adalah sebagai berikut:

a.       Sosis merupakan makan yang sangat disukai semua kalangan dan mudah diterima di masyarakat.

b.      Produk yang belum banyak dipasaran sehingga membuat pesaing produk sejenis masih relatif sedikit.

·         Threats
Ancaman yang akan dihadapi oleh prodduk kami adalah:

a.       Adanya pihak lain yang mungkin saja meniru produk ini.

b.      Adanya produk-produk berbahan dasar sosis lainnya yang sedang menjamur akhir-akhir ini.

Table 3.2
Matrik Analisis SWOT

   
                 Faktor Internal






Faktor Eksternal
S
W
a. Bahan baku utama dan bahan   pendukung yang sangat mudah ditemukan.
b. Harga produk bersaing dan menjangkau semua kalangan.
c. Inovasi produk masih jarang dijumpai.
d.   Rasa yang enak dengan tiga variasi rasa yaitu original, pedas, dan keju.
e.   Dipasarkan di tempat-tempat ramai sehingga mudah dijangkau oleh konsumen.
a.  Jumlah produk yang diproduksi masih terbatas.
b.  Kurangan pengalaman dalam melakukan usaha.
c.    Kemasan produk yang kurang menarik


O
a. Sosis merupakan makan yang sangat disukai semua kalangan dan mudah diterima di masyarakat.
b. Produk yang belum banyak dipasaran sehingga membuat pesaing produk sejenis masih relatif sedikit.
a. Bahan baku yang mudah di dapat membuat produksi cepat dan menghasilkan untung yang banyak karena sosis merupakan makanan yang disukai semua kalangan masyarakat.
b. Dengan jarangnya produk yang sama di pasarkan akan dapat menguntungkan bagi penjual produk ini.
a. Jumlah produk yang diproduksi terbatas serta banyaknya konsumen dari segala kalangan akan membuat pemasukan dan keuntungan menjadi berkurang.
b. Jenis produk yang masih langka dan pengalaman serta keterampilan yang masih terbatas akan menimbulkan hambatan untuk melakukan usaha.


T
a. Adanya pihak lain yang mungkin saja meniru produk ini.
b. Adanya produk-produk berbahan dasar sosis lainnya yang sedang menjamur akhir-akhir ini.

a.       Dengan mudahnya mendapatkan bahan baku akan mempermudah produksi produk yang berbeda pula walaupun ada pesaing yang meniru produk ini.
a.       Jumlah produksi yang terbatas akan sangat merugikan karena tidak dapat memproduksi produk yang lebih sehingga pesaing yng meniru produk tersebut akan mengambil alih keuntungan yang kita dapat.


3.3.   Visi, Misi, dan Tujuan

A.     Visi Perusahaan
“Menjadi Produsen Olahan Sosis yang Halal, Enak, dan Terdepan Dalam Inovasi Kuliner”

B.     Misi Perusahaan
1.      Menyajikan makanan yang beda dari yang lain.

2.      Bahan berkualitas dan terjamin segar dan halal

3.      Melayani dengan baik

4.      Terus berinovasi dengan resep

C.     Tujuan Perusahaan
Mengembangkan hobi menjadi sesuatu yang berarti dan memiki nilai ekonomis tinggi.

3.4.   Analisis Pesaingan dan Peluang Pasar

Analisis persaingan usaha akan muncul dari produsen-produsen lain yang bisa saja meniru produk D’SOTANG ini.

Analisis peluang pasar untuk produk D’SOTANG ini sangatlah bagus. Disamping inovasi produk yang belum banyak dipasaran serta harga yang terjangkau. Menjadikan produk D’SOTANG ini bisa dinikmati semua kalangan.

Komentar